Apa Beda Ekspedisi Dan Kargo

Banyak dari orang yang masih bingung akan kata kata ekspedisi atau pun cargo, sebenarnya kedua kata tersebut tidak memiliki banyak perbedaan bahkan kedua kata tersebut memiliki arti yang sebenarnya hampir sama.


Lalu apa itu Ekspedisi serta Cargo ?


jadi diantara ke dua kata tersebut sebenarnya memiliki arti yang hampir sama, dimana kata Ekspedisi sendiri menurut kamus besar bahasa indonesia berarti: 1 pengiriman surat, barang, dan sebagainya; 2 perusahaan pengangkutan barang; 3 Huk salinan yang sama bunyinya (tentang vonis atau akta); 4 perjalanan penyelidikan ilmiah di suatu daerah yang kurang dikenal; 5 Mil pengiriman tentara untuk memerangi (menyerang, menaklukkan) musuh di suatu daerah yang jauh letaknya. Sedangkan kata Cargo menurut kamus besar bahasa indonesia berarti muatan barang yang diangkut dengan kapal laut, pesawat udara, atau pengangkut lain.

Pengertian dari setiap kata kata diatas adalah pengertian langsung dari kamus besar bahasa indonesia yang sudah pasti kebenarannya. Akan tetepi masih banyak yang belum memahami mengenai perbedaan keduanya, untuk mempermudah memahami arti Ekspedisi lebih kepada perusahaan pengangkutan barang sedangkan kargo merupakan barang muatan yang diangkut via laut, udara, darat.

Lalu apa sih Perusahaan angkutan barang?


Perusahaan angkutan barang atau yang sering disebut sebagai jasa Ekspedisi merupakan sebuah perusahaan jasa pengiriman barang logistic maupun barang retail dimana pendistribusian barang tersebut dilakukan via darat, laut, dan udara.

Ada beberapa aktivitas logistic yang tentunya saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Aktivitas tersebut diantaranya adalah

  1. Costumer Service ( Layanan Pelanggan )
  2. Inventory Management ( Manajemen persediaan )
  3. Demand Forecasting ( Pemrediksi Permintaan )
  4. Order Processing ( Proses Pemesanan )
  5. Material Hendling ( Penanganan Material )
  6. Logistic Comunication ( Komunikasi Logistic )
  7. Parts and Service Support ( komponen dan layanan pendukung )
  8. Packaging ( Kemasan )
  9. Plan and Warehouse Site Selection ( Perencanaan penempatan lokasi gudang )
  10. Procument ( Pembelian )
  11. Reverse Logistic ( Logistic terbalik )
  12. Transportation ( transportasi )
  13. Warehouseing and Storage ( Pergudangan dan penyimpanan )


Dalam Sebuah proses logistic diharapkan untuk mencapai sebuah tujuan, yaitu tersedianya barang secara tepat pada waktu dan tempat yang diinginkan. Untuk mencapai tujuan ini perusahaan harus melaksanakan kegiatan logistic

Dalam kegiatan logistic ini mengharuskan perusahaan Ekspedisi untuk memiliki standar peforma yang baik. Dalam mencapai tingkat peforma yang terbaik perlu adanya perhitungan yang balance antara pelayanan terbaik yang diberikan kepada pelanggan dengan biaya yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan, Dengan pelayanan yang terbaik dapat memberikan pelanggan kepuasan yang nantinya dapat menjadi pelanggan setia atau bahkan akan merekomendasikan kepada sanak saudara atau rekan rekannya.

Start a Conversation

Hallo, Selamat Malam

Online

Kami Akam Membalas Beberapa Saat.


Sumatera, Babel, Batam

Tracing Barang & Admin

Seluruh Kalimantan

Seluruh Sulawesi

Ambon , Irian Jaya